Tips Pilih Keramik yang Tepat untuk Rumah Minimalis

Liputan6.com, Jakarta Ada kalanya pemilik tempat tinggal terasa bosan lantaran nuansa maupun desain ruangan tempat tinggal muncul begitu-begitu saja.
Jika diamati secara keseluruhan, ternyata lantai sering kali menjadi salah satu elemen dari bagian tempat tinggal yang paling jarang mendapat sentuhan dekorasi.
Padahal lewat kreativitas dan desain rumah type 36, mempercantik lantai bisa menjadi solusi terjitu untuk beri tambahan atmosfer tidak sama terhadap ruangan.
Dalam mendekorasi lantai, tak melulu dari faktor motifnya saja, tapi sisi kenyamanan termasuk patut dipertimbangkan. Untuk itu, ada {beberapa|sebagian|lebih dari satu} perihal yang mesti diperhatikan sehingga ruangan selalu terasa cozy, diantaranya faktor faedah ruang, rencana ruang, dan luas ruang.
Hal tersebut diungkapkan oleh Kuntjoro Tjahjosarwono, Manager Granito Tile Studio (GTS). Ia menjelaskan, “Fungsi area mesti diperhatikan gara-gara bakal berpengaruh terhadap type tile (ubin) yang bakal digunakan. Apakah itu polished (kilap), unpolished (tidak kilap), atau rustic (kasar).”
“Sebagai perumpamaan kamar mandi dan teras. Kedua area ini bakal lebih baik jikalau lantainya dipasangi keramik type unpolished atau rustic, mengingat ruangan bakal terus berinteraksi segera bersama dengan air,” imbuhnya kepada Rumah.com.
Jenis Disesuaikan Ruangan
Pada prinsipnya, keramik unpolished bisa digunakan untuk area yang berinteraksi segera bersama dengan air tapi bersama dengan intensitas rendah. Teras, garasi, kamar mandi kering, dan dapur, misalnya.
Material type ini termasuk tidak menutup kemungkinan dipergunakan terhadap area area didalam di tempat tinggal layaknya kamar tidur, area tamu maupun area keluarga.
Rumah minimalis Sedangkan ubin polished layak diaplikasikan untuk area area didalam layaknya kamar tidur, area keluarga, area tamu maupun dinding kamar mandi.
Berbeda bersama dengan ubin rustic. Jenis ini kebanyakan dipasang untuk area yang teratur terkena air bersama dengan intensitas tinggi. Tujuannya sehingga tidak licin terhadap selagi dilalui.
Akan tetapi, ada termasuk sejumlah pemilik tempat tinggal yang mengaplikasikan keramik type ini untuk area indoor layaknya area keluarga dan kamar tidur. Syaratnya, pemakaian mesti disesuaikan khususnya dahulu bersama dengan rencana area tersebut.
Selain faedah ruang, ditambahkan pula oleh M. Zachri Zelhas selaku Designer Granito tentang rencana area dan luas ruang, gara-gara perihal ini bakal berpengaruh termasuk terhadap warna dan motif keramik yang bakal dipergunakan.
“Seperti terhadap jenis industrial misalnya, warna yang dipilih lebih ke arah monochrome bersama dengan motif batu atau semen bersama dengan type ubin rustic atau unpolished,” katanya.
“Sementara untuk ukuran ubin, kalau luas ruangannya tengah dan tidak amat besar, bisa pakai ubin ukuran 60×60 cm. Sebaliknya, kalau cukup besar dan luas bisa pakai ubin ukuran 60×120 cm atau 80×80 cm,” urai Zachri.
Zachri termasuk mengingatkan, ada hal-hal yang semestinya dihindari terhadap selagi mendesain lantai ruangan yang sempit dan penuh perabotan. Yakni jangan pakai ubin berukuran besar dan berwarna gelap gara-gara justru menimbulkan pengaruh semakin sempit dan terasa sesak.
Lebih lanjut tentang trik mendekorasi lantai ruangan bersama dengan keramik yang nyaman, Kuntjoro merekomendasikan sehingga type ubin yang bakal diaplikasikan mesti disesuaikan bersama dengan area yang ada.
“Contohnya terhadap area keluarga, dianjurkan pakai ubin polished bersama dengan warna netral berukuran 60x60cm. Namun tidak menutup kemungkinan ubin unpolished digunakan di area keluarga,” tukasnya.
Sebagai penutup lantai premium, Granito punyai keistimewaan diantaranya spesifikasi tekhnis yang ketat (water absorption, modulus of rupture, bending strength, chemical resistance dan suhu pembakaran), dan juga mudah diaplikasikan.