Cara Merawat Mesin Genset Diesel dan Bensin

Cara Merawat Mesin Genset – Generator set atau yang biasa disebut genset adalah alat pembangkit listrik yang biasanya digunakan di banyak tempat seperti pedesaan, rumah, pertokoan, perkantoran, industri. Alat ini banyak digunakan ketika ada listik padam atau PLN sedang mengalami gangguan atau bisa juga genset digunakan sebagai listrik tambahan. Hal ini dilakukan agar aktifitas manusia tidak terganggu atau terhenti hanya gara- gara listrik yang padam. Mesin genset biasanya

Cara Merawat Mesin Genset

Nah penggunaan yang secara terus menerus tentu membuat genset perlu untuk mendapatkan perawatan yang secara teratur pula. Sama seperti peralatan lain yang ada di rumah anda, semua barang elektronik pasti harus digunakan dan di rawat secara benar dan teratur agar penggunaannya tetap optimal dan dapat menjaga umur agar tahan lama. Mesin genset sendiri biasanya dijual di toko yang jual genset diesel yanmar atau merek lain di kota anda, pasti butuh perawatan secara teratur, agar genset bekerja dengan optimal dan effisien ketika dibutuhkan, berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan:

4 tips merawat genset

  1. Letakan genset pada tempat yang kering

Pilihlah tempat yang khusus untuk genset anda, pastikan tempat tersebut kering dan bersih. Jangan biarkan genset anda di taruh di tempat yang lembab, basah atau bahkan selalu terkena sengatan sinar matahari langsung. Jika hal ini anda biarkan maka bukan hal yang tidak mungkin genset anda akan berumur pendek dan anda perlu membawa ke tukang servis yang mana akan memakan biaya. Harga genset sudah bisa dibilang mahal, jadi jangan sampai karena perawatan yang kurang, anda mengeluarkan biaya lagi untuk servisnya.

  1. Beri sirkulasi udara yang baik

Jika genset anda akan berada pada ruangan tersendiri dan tertutup, segera beri ruangan tersebut ventilasi yang memadai. Pastikan sirkulasi udaranya baik, hal ini dikarenakan genset merupakan alat pembangkit listrik yang banyak mengeluarkan asap dari knalpotnya, sehingga bila ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik,  asap pun dapat dibuang dengan lancar pula. Selain itu asap tersebut pastilah mengandung racun, dengan sirkulasi udara yang baik, racun dalam asap akan ikut terbuang, dengan begitu mesin genset pun tidak akan cepat panas.

  1. Ganti spare part yang sudah aus atau termakan usia

Dengan penggunaan yang sudah cukup lama pasti akan ada bagian atau sparepart genset yang sudah tidak bisa bekerja secara optimal. Segeralah ganti sparepart tersebut dengan yang baru, karena supaya tidak merusak komponen yang lain, yang mana bisa berakibat fatal hingga merusak genset anda. Anda bisa mendapatkan sparepart yang anda butuhkan di toko yang jual genset murah di surabaya atau di manapun anda berada.

  1. Perhatikan bahan bakar genset

Bahan bakar genset merupakan hal yang paling penting, karena tanpa bahan bakar genset tidak akan bisa digunakan. Jangan biarkan genset anda mati sendiri karena kekurangan bahan bakar, selalu periksa ketika digunakan, tuang bahan bakar begitu sisa sedikit dalam tangki genset. Agar genset tidak cepat rusak.